Darta Outsourcing – Jasa pest control atau pengendali hama merupakan salah satu jasa yang menyediakan pengendalian hama yang mengganggu. Jasa outsourcing pest control sering diidentikan dengan pengasapan dan penyemprotan. Namun jasa outsourcing pest control memiliki banyak cara untuk melawan hama yang mengganggu.

 

Pengertian Pest Control

Pest control terdiri dari dua kata Bahasa Inggris, yaitu pest dan control, yang berarti mengendalikan hama. Pest control lebih mengutamakan untuk mengontrol hama dibanding dengan membasmi hama hingga tidak tersisa. Karena pada dasarnya hama merupakan kesatuan dari sebuah ekosistem. Jika kita hilangkan hama pada ekosistem, malah akan mengganggu keseimbangan suatu ekosistem.

Dalam penindakannya, pest control membatasi geraknya hama. Hanya hama perkotaan yang dikendalikan, bukan hama perkebunan atau pertanian. Dikarenakan pada hama perkebunan dan pertanian menggunakan crop protection untuk melindungan tanamannya.

Tindakan untuk mengontrol hama oleh pest control biasanya dilakukan dengan beberapa cara tergantung dengan hama yang dihadapi, seperti penyemprotan, pengembunan, pengasapan, pengumpanan, dan pemberian bubuk.

Baca juga: Jasa Outsourcing Landscape dan Gardening

 

Jenis Layanan Jasa Outsourcing Pest Control

  1. Integrated Insect Management

Pengendalian secara terpadu pada serangga meliputi serangga terbang (lalat, nyamuk, dan lainnya) dan serangga merayap (kecoa, semut, laba-laba, dan lainnya).

  1. Integrated Rodent Management

Pengendalian secara terpadu pada tikus meliputi tikus got, tikus atap, tikus rumah.

  1. Integrated Pest Management

Pengendalian secara terpadu pada tikus dan serangga.

  1. Integrated Termite Management

Pengendalian rayap secara terpadu, berupa:

  • Chemical Barrier System (CBS)

Pengendalian rayap dengan sistem injeksi dan penyemprotan untuk bangunan yang belum jadi (pre-construction) dan yang sudah jadi (post-construction).

Sistem Barier dilakukan dengan dua teknik, yaitu:

a. Sistem Pra Konstruksi

Dilakukan pada saat bangunan belum didirikan. Teknik ini mengikuti proses pembangunan bangunan. Treatment yang dilakukan meliputi treatment pondasi, lantai, dan kayu.

b. Sistem Pasca Konstruksi

Untuk bangunan yang telah berdiri, dan biasanya dilakukan treatment di sekeliling pondasi bangunan serta unsur kayu yang ada.

  • Termite Baiting System (TBS)

Pengendalian rayap dengan sistem pengumpanan yang dapat menuntaskan seluruh koloni rayap di bawah tanah.

  1. Fumigasi

Pengendalian hama (umumnya hama gudang dan rayap kayu) dengan menggunakan gas fumigant.

Baca juga: Jasa Outsourcing Cleaning Service atau Tenaga Kebersihan

 

Manfaat Jasa Pest Control

Selain untuk mengendalikan hama, menggunakan jasa outsourcing pest control juga memberikan dampak atau manfaat lain yang bisa diperoleh. Manfaat jasa pest control yaitu:

  1. Tidak dipusingkan untuk memilih racun atau perangkap yang akan digunakan untuk mengontrol hama. Karena dengan menggunakan pest control, semuanya sudah direncanakan dengan baik.
  2. Dengan menggunakan jasa pest control, hasil pengendalian hama akan lebih terjamin keampuhannya dibanding dengan melakukan pengendalian sendiri yang belum tentu berhasil dengan baik.
  3. Menggunakan jasa pest control akan lebih ekonomis dibanding jika orang yang tidak tahu apa-apa tentang pest control melakukan pengendalian hama.

Jika Anda merasa terganggu dan kurang nyaman dengan adanya gangguan hama di rumah, gedung kantor, pabrik, gudang, atau bangunan lainnya, solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan jasa outsourcing pest control.