Darta Outsourcing – Jasa outsourcing punya peran penting dalam meningkatkan performa perusahaan. Karena dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan bisa menekan biaya operasional dan lebih fokus dalam memajukan bisnis utamanya (core business). Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing, Anda perlu mengetahui kerugian dan keuntungan menggunakan jasa outsourcing.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Pasal 64 manjelaskan, bahwa perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan atau penyediaan jasa pekerja/buruh yang dibuat secara tertulis. Dengan merujuk pada pasal ini, maka outsourcing dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Pemborongan pekerjaan

Yang dimaksud pemborongan pekerjaan adalah pengalihan suatu pekerjaan kepada jasa outsourcing dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pekerjaan yang dialihkan beserta hal-hal yang bersifat teknis (pengaturan oerasional), maupun hal-hal yang bersifat non-teknis (administrasi kepegawaian). Pekerjaan yang dialihkan adalah pekerjaan yang bisa diukur volumenya.

2. Penyediaan jasa pekerja

Yang dimaksud penyedia jasa pekerja adalah pengalihan suatu posisi kepada jasa outsourcing dan menempatkan karyawannya untuk mengisi posisi tersebut. Jasa outsourcing hanya bertanggung jawab terhadap manajemen karyawan tersebut, serta hal-hal yang bersifat non-teknis lainnya. Sedangkan hal-hal teknis menjadi tanggung jawab perusahaan sebagai pengguna dari karyawan jasa outsourcing.

Baca juga: Peran Darta Outsourcing dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Kelebihan Outsourcing

  • Fokus pada core business
    Perusahaan dapat fokus pada core business. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbarui strategi dan merestrukturisasi SDM dan keuangan yang ada.
  • Penghematan biaya operasional
    Salah satu alasan utama menggunakan jasa outsourcing adalah peluang untuk mengurangi dan mengontrol biaya operasional. Perusahaan yang mengelola SDM-nya sendiri akan memiliki struktur pembiayaan yang lebih besar daripada perusahaan yang menyerahkan pengelolaan SDM-nya kepada jasa outsourcing. Hal ini terjadi karena jasa outsourcing bermain dengan “economics of scale” (ekonomi skala besar) dalam mengelola SDM.
  • Kompetensi jasa outsourcing
    Karena core business-nya di bidang jasa penyediaan dan pengelolaan SDM, jasa outsourcing memiliki sumber daya dan kemampuan yang lebih baik di bidang ini dibandingkan dengan perusahaan. Kemampuan ini didapat melalui pengalaman mereka dalam menyediakan dan mengelola SDM untuk berbagai perusahaan.
  • Merespons pasar dengan cepat
    Jika dilakukan dengan baik, outsourcing dapat membuat perusahaan menjadi lebih ramping dan cepat dalam merespons kebutuhan pasar. Kecepatan merespons pasar ini menjadi keunggulan kompetitif (competitive advantage) perusahaan dibandingkan kompetitor.
  • Mengurangi risiko
    Perusahaan dapat mempekerjakan lebih sedikit karyawan. Hal ini menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mengurangi risiko terhadap ketidakpastian bisnis di masa mendatang. Jika situasi bisnis sedang bagus dan dibutuhkan lebih banyak karyawan, maka kebutuhan ini tetap dapat dipenuhi melalui outsourcing. Sedangkan jika situasi bisnis sedang memburuk dan harus mengurangi jumlah karyawan, perusahaan tinggal mengurangi jumlah karyawan outsourcingnya.
  • Meningkatkan efisiensi
    Umumnya perusahaan mengerti bahwa merekrut dan mengontrak karyawan, membayar gaji, lembur dan tunjangan, memberikan pelatihan, dan lainnya merupakan pekerjaan yang menyita waktu, pikiran, dan dana yang cukup besar. Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat mengalihkan pekerjaan tersebut kepada jasa outsourcing, sehingga lebih efisien dan lebih murah dibanding mengerjakan sendiri.

Baca juga: Hati-hati, Penipuan Berkedok Perusahaan Outsourcing!

Kerugian Outsourcing

  • Kehilangan kontrol manajerial
    Kontrol manajerial akan menjadi milik perusahaan lain, karena perusahaan jasa outsourcing tidak akan mendorong perusahaan, melainkan didorong untuk membuat keuntungan dari layanan yang mereka sediakan.
  • Adanya biaya tersembunyi
    Setiap hal yang tidak tercamtum dalam kontrak akan menjadi dasar perusahaan untuk membayar biaya tambahan.
  • Ancaman keamanan dan kerahasian
    Perusahaan jasa outsourcing dapat menerima informasi tentang catatan gaji, medis, dan rahasia lainnya.

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jasa outsourcing, Anda akan lebih yakin ketika memilih untuk menggunakan jasa outsourcing dalam merekrut karyawan. Pilihlah jasa outsourcing yang tepat dan terpercaya!