Darta Outsourcing – Pada umumnya perusahaan menggunakan jasa outsourcing terpercaya adalah untuk menekan biaya operasional. Perusahaan tidak perlu repot menyediakan fasilitas maupun tunjangan makan, hingga asuransi kesehatan/BPJS Kesehatan. Dengan demikian perusahaan bisa lebih fokus dalam mengelola bisnisnya.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI No 18 Tahun 2000, Pasal 6 dan 28, outsourcing adalah suatu pola pengadaan yang mengalihkan sebagian kegiatan pengadaan barang atau jasa kepada penyedia barang/jasa yang mempunyai keahlian di bidangnya yang mencakup layanan kegiatan operasi, rencana kebutuhan barang, proses pembelian, proses kepabeanan, pengelola inventori, sistem suplai, dan distribusi.

Apabila jasa outsourcing digunakan dengan baik, maka jasa outsourcing dapat menjadi strategi yang efektif untuk menghemat anggaran perusahaan. Penggunaan jasa outsourcing akan lebih menguntungkan daripada harus mengerjakan sendiri secara internal.

Baca juga: Peran Darta Outsourcing dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Sebelum perusahaan menggunakan jasa outsourcing, ada baiknya perusahaan perlu mengetahui kriteria jasa outsourcing yang tepat dan terpercaya, sehingga tidak salah dalam memilih jasa outsourcing.

Tips memilih jasa outsourcing yang tepat

1. Harga

Faktor harga memang penting untuk dipertimbangkan, namun tidak berarti perusahaan harus memilih jasa outsourcing yang yang tepat dan paling murah, karena belum tentu yang murah mempunyai kualitas yang baik.

2. Jangka waktu pembayaran

Faktor ini juga penting untuk diperhatikan. Tidak semua perusahaan jasa outsourcing harus dibayar di muka. Kalau jumlah karyawan yang dipakai tidak terlalu banyak, seharusnya jangka waktu pembayaran bisa fleksibel. Tetapi jika jumlah yang disediakan cukup banyak, memang harus ada pembayaran di muka, karena risikonya sangat besar.

Jangka waktu pembayaran sangat berpengaruh dalam presentasi management fee yang dibayarkan ke vendor. Perusahaan yang melakukan pembayaran di muka biasanya akan mendapatkan management fee yang lebih kecil.

3. Kapasitas pelayanan

Kapasitas pelayanan menentukan harga. Semakin tinggi pelayanan yang diminta kepada jasa outsourcing, semakin tinggi pula harganya. Misalnya, perusahaan meminta jasa outsourcing menyediakan tenaga kerja untuk ditempatkan di Irian atau Aceh, maka jasa outsourcing akan meminta biaya transport. Atau jasa outsourcing akan mencari karyawan tersebut dari penduduk setempat.

Baca juga: Terbukti! Layanan Darta Outsourcing Banjir Prestasi

4. Variasi produk

Ada jasa outsourcing yang menyediakan pekerja untuk semua jenis pekerjaan, tetapi ada juga yang spesialisasi pada jenis pekerjaan tertentu, misalnya call center, collection, atau marketing.

5. Periode rekrutmen dan seleksi

Periode rekrutmen mempengaruhi delivery. Kalau yang dibutuhkan adalah tenaga kerja dengan kualifikasi biasa, seperti data entry, lulusan D3, mestinya bisa di-deliver dengan cepat. Namun, kalau untuk tenaga kerja yang mempunyai kualifikasi lebih tinggi, seperti kredit analis atau programmer, atau manager maka diperlukan waktu yang lebih lama.

6. Metode perekrutan

Metode rekrutmen juga mempengaruhi harga. Semakin banyak jenis tes yang dilakukan, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar kepada jasa outsourcing. Ada jenis pekerjaan dimana karyawan yang akan bekerja di suatu perusahaan harus melalui berbagai macam tes, seperti tes IQ, pengetahuan umum, tes kesehatan, dan wawancara dengan psikolog.

Manfaat strategi outsourcing

Survei yang dilakukan Outsourcing Institute pada tahun 1991 dengan 1.200 responden perusahaan di Amerika, menunjukan bahwa outsourcing dipilih karena dapat memberikan manfaat strategi sebagai berikut:

1. Meningkatkan fokus perusahaan pada bisnis inti

Di tengah pesaingan bisnis yang lebih terbuka dan lebih ketat, meng-outsource bebagai macam kebutuhan perusahaan sudah menjadi suatu hal yang mendesak untuk dipertimbangkan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang cenderung melimpahkan beberapa kebutuhan perusahaan kepada pihak ketiga. Alasannya, kalau semua hal dikerjakkan sendiri oleh perusahaan, maka perhatian atau fokus dan energi perusahaan akan banyak tercurah kepada hal-hal yang bukan core business-nya.

2. Mempercepat proses adaptasi terhadap perubahan bisnis

Dengan menggunakan jasa outsourcing ternyata perusahaan dapat meningatkan kecepatannya dalam melakukan perubahan.Karena pihak eksternal yang direkrut adalah para ahli yang berkecimpung di bidang yang sama dan di industri yang sama, sehingga kecepatan untuk melakukan perubahan pun dapat tercapai melalui outsourcing.

Baca juga: Tak hanya Cantik, SPG Darta Outsourcing Punya Berbagai Keahlian

3. Memecahkan masalah yang sulit dikendalikan

Salah satu alasan bagi perusahaan untuk mengimplementasikan outsourcing adalah karena bisnis di perusahaannya sudah tidak lagi efisien lantaran rentang birokrasi yang sangat berbelit. Rentang birokrasi yang panjang tersebut tidak hanya membuat mekanisme kontrol menjadi sulit, tapi juga membuat pekerjaan menjadi tidak efektif. Dengan menggunakan jasa outsourcing, problem tersebut bisa diatasi.

4. SDM dapat digunakan lebih strategis

Di perusahaan yang segala sesuatunya sudah tertata dengan baik, termasuk jumlah dan pengadaan SDM-nya. Keputusan untuk melakukan rekrutmen baru biasanya tidak semudah yang dibayangkan. Di sisi lain, pemanfaatan tenaga kerja yang ada untuk menangani pekerjaan tambahan juga bisa menimbulkan masalah, misalnya, si pekerja tadi menjadi tidak fokus pada pekerjaan atau tugas pokoknya. Karena itu, untuk mengatasi masalah ini, sejumlah perusahaan memilih menggunakan jasa outsourcing, karena pola ini tidak mengganggu SDM yang sudah ada.

5. Penghematan dana kapital

Jasa outsourcing juga dapat memberikan financial flexibility perusahaan. Misalnya, perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan riset di bidang industrinya, dapat melakukan outsourcing tentang riset dan pengembangan yang akhirnya perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya. Biaya yang dengan term payment, tergantung dari hasil yang telah ditemukan oleh jasa outsourcing.

6. Efisiensi dan Pengendalian biaya operasional

Jasa outsourcing dapat mengurangi beban biaya operasional. Suatu perusahaan yang meng-outsource bidang IT-nya, akan membuat pekerjaan mereka menjadi lebih efesien. Misalnya, dalam hal pemesanan barang, jika sudah menerapkan IT dan menggunakan IT tersebut untuk memfasilitasi komunikasi antara penyedia barang dengan yang membutuhkan barang, maka transaksinya pun menjadi lebih murah dan mudah.

7. Memperoleh SDM yang profesional

Keuntungan lain yang didapatkan dari jasa oursourcing adalah dapat menyediakan personel yang memiliki kompetensi di atas rata-rata serta kemampuan yang memenuhi kualifikasi sesuai kebutuhan perusahaan. Jasa outsourcing berpengalaman melakukan tugas-tugas secara berulang-ulang, dengan begitu mereka akan lebih mudah mengetahui detil masalah yang sedang dihadapi.

Penting bagi Anda untuk mengetahui mengenai cara memilih jasa outsourcing yang tepat dan terpercaya. Karena dengan menggunakan jasa outsourcing yang tepat, maka SDM yang Anda butuhkan sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi di bidangnya. Dengan menggunakan jasa outsourcing, bisnis yang Anda kelola akan mencapai target yang diinginkan.